Halaman

Minggu, 05 Mei 2013

KOMPOSISI DAN MANFAAT KUNING TELUR




Telur merupakan salah satu makanan yang kaya akan protein. Banyak yang beranggapan bahwa telur adalah makanan yang berlemak dan mengandung banyak kolesterol sehingga meninggalkan telur jauh-jauh. Namun sebelum Anda menolak makan telur, sebaiknya Anda pahami dulu tentang manfaat telur terutama kuning telur yang mengandung banyak manfaat.

Kuning Telur Ayam mengandung energi sebesar 361 kilokalori, protein 16,3 gram, karbohidrat 0,7 gram, lemak 31,9 gram, kalsium 147 miligram, fosfor 586 miligram, dan zat besi 7 miligram.  Selain itu di dalam Kuning Telur Ayam juga terkandung vitamin A sebanyak 2000 IU, vitamin B1 0,27 miligram dan vitamin C 0 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Kuning Telur Ayam, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.

Berikut adalah 8 manfaat kuning telur untuk kesehatan:

1. Kandungan kuning telur salah satunya adalah klorin yang sangat membantu perkembangan otak.

2. Wanita yang sedang menyusui juga sangat dianjurkan mengkonsumsi kuning telur. Kandungan gizi dari kuning telur membantu dalam perkembangan otak bayi.

3. Dari penelitian yang telah dilakukan bahwa satu butir telur mengandung 180-190 mg kolesterol. Tubuh manusia membuthkan asupan kolesterol sebanyak 300 mg. Jadi lebih baik makan telur dengan kuningnya dari pada hanya putih telur saja.

4. Untuk balita, kuning telur dapat membantu dalam pertumbuhan yang tepat dan sehat.

5. Kandungan kuning adalah beberapa nutrisi penting yaitu kalsium, zat besi, fosfor, zinc dll. Kalsium dapat memperkuat tulang. Zat besi membantu dalam pembentukan hemoglobin dalam darah sebagaimana juga membantu dalam fungsi otak dan sistem kekebalan tubuh. Zinc berperan sebagai antioksidan dan memperkuat tulang.

6. Kuning telur mengandung Omega 3 asam lemak, seperti pada ikan. Omega 3 asam lemak membantu dalam pengembangan berbagai organ dalam tubuh manusia.

7. Kuning telur mengandung vitamin yang bernama karoten, yang dapat membantu melindungi tubuh kita dari degenerasi makula.

8. Pakar kesehatan juga menyatakan bahwa makan telur utuh atau kuning telur lebuh baik dari pada makanan ‘junk food’ dan makanan kalengan.

Kuning telur sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sehari-hari dengan maksimal 2-3 karenan mempunyai sangat penting untuk kesehatan Anda, pengecualian untuk penderita penyakit jantung atau kadar kolesterol tinggi.





Sumber: Berbagai sumber, Magforwomen

.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar