Halaman

Kamis, 16 Mei 2013

Penyebab Darah Rendah





Hipotensi atau tekanan darah rendah adalah istilah ketika tekanan darah berada di bawah normal. Angka normal tekanan darah adalah 120/80 mmHg. Hipotensi atau tekanan darah rendah sebenarnya banyak diderita oleh orang-orang. Tetapi sebagian dari mereka mengabaikannya dan menganggapnya sebagai kasus pusing biasa atau dehidrasi. Padahal membiarkan tekanan darah rendah sama berbahayanya dengan tekanan darah tinggi dan memicu kematian.

Penyebab yang Menimbulkan Tekanan Darah Rendah:

1.     Dehidrasi
Dehidrasi disebabkan oleh kurangnya tubuh menerima asupan cairan. Setelah berolahraga berat, biasanya seseorang juga menderita dehidrasi. Jika dibiarkan, dehidrasi ternyata mampu memicu tekanan darah rendah. Dehidrasi berkepanjangan bisa disebabkan karena seseorang mengalami mual, muntal, dan diare. Alasan lain, adalah karena berolahraga, terlalu banyak mengeluarkan keringat, dan serangan panas. Jika cairan yang keluar tidak segera diganti, ini bisa menyebabkan hipotensi orthostatik. Gejalanya adalah kepala ringan, pusing, atau pingsan.

2.     Kurang Nutrisi
Jangan anggap sepele makanan yang Anda konsumsi setiap hari. Pasalnya jika Anda sampai kekurangan nutrisi, tekanan darah bisa menurun drastis. Pastikan Anda banyak mengonsumsi kedelai dan kacang-kacangan.

3.     Detak Jantung Tidak Normal
Jantung berdenyut cepat, hal ini dikarenakan detak jantung yang tidak normal membuat kontraksi dalam jantung terganggu. Sehingga jumlah darah yang dipompa menjadi berkurang dan berujung pada kondisi hipotensi.

4.     Pendarahan
Kehilangan darah, entah banyak atau sedang, juga bisa menyebabkan tekanan darah rendah. Perdarahan bisa disebabkan karena kecelakaan, operasi, atau alasan lain.

5.     Otot Jantung Lemah
Otot jantung lemah bisa menyebabkan tekanan darah rendah. Sebab, otot yang lemah bisa membuat jantung gagal dan mengurangi pompaan jumlah darah. Alasan terjadinya otot jantung lemah bisa disebabkan beragam hal, seperti serangan jantung berulang, infeksi virus pada otot jantung.

6.     Inflamasi Organ Tubuh
Prosesnya diawali dengan organ yang meradang. Sehingga pembuluh darah mengelilingi jaringan yang mengalami inflamasi. Hal itu pun menyebabkan volume darah berkurang dan memicu tekanan darah rendah.

7.     Infeksi Tertentu
Jika ada bakteri yang menyerang organ tubuh dan memasuki pembuluh darah, mereka akan memproduksi racun yang mengganggu kinerja aliran darah. Oleh sebab itu, infeksi juga bisa memunculkan kondisi tekanan darah rendah.

8.     Penyumbatan Pembuluh Darah

Jika pembuluh darah tersumbat, jaringan yang bertugas mengirim sinyal ke jantung menjadi terhambat. Sehingga berbagai kontraksi reguler dalam jantung ikut terganggu.

9.     Kehamilan
Sebenarnya wajar jika wanita mengalami penurunan tekanan darah selama hamil. Tetapi ada baiknya jika mereka rajin memeriksakan diri ke dokter. Sebab jika dibiarkan, bukan cuma ibu, tetapi nyawa janin akan ikut terancam.

Gejala Seseorang Terkena Tekanan Darah Rendah:
·        Penglihatan kabur
·        Pusing

·        Mudah pusing ketika beranjak dari posisi sebelumnya
·        Kebingungan
·        Ngantuk
·        Mudah lelah

·        Lemas
·        Mual

·        Tidak mampu berdiri atau duduk terlalu lama
·        Mudah shock

Tips Tips :
a.      Menambah konsumsi garam/makanan asin.
b. Dianjurkan mengkonsumsi kopi, bayam, cabe, coklat, lada, hati ayam kampung/sapi/kambing, susu, mentega, keju dan jahe merah. Sebaliknya hindari makanan yang pahit, asam, dan ketimun.
c.      Mengkonsumsi suplemen penambah darah.
d.    Bila sedang merasakan gejala penurunan tekanan darah, segeralah  duduk atau berbaring dan mengangkat kaki di atas ketinggian jantung.
e.      Jika tekanan darah rendah menyebabkan seseorang pingsan, segeralah cari perawatan medis. Jika orang tersebut tidak bernafas, segeralah lakukan pertolongan bantuan pernafasan.



Semoga bermanfaat
^_^


sumber:berbagai sumber

.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar